Kamis, 13 Nov 2025
  • Selamat Datang di Website Resmi Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang Panjang
  • Selamat Datang di Website Resmi Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Padang Panjang

KASI PENMAD APRESIASI KELANCARAN PELAKSANAAN TKA HARI KEDUA YANG BERJALAN TERTIB, LANCAR, DAN MEMENUHI STANDAR.

MANKobar, Humas — Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) bersama Pengawas Madrasah dan Tim Penmad melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pelaksanaan Tes Kemampuan Akademik (TKA) di Kampus 2 MAN 2/MANPK Padang Panjang, yang berlokasi di Komplek Islamic Centre Padang Panjang, Selasa (05/11/2025). Kegiatan ini bertujuan memastikan standar pelaksanaan TKA berjalan sesuai prosedur, tertib administrasi, serta memiliki kesiapan sarana dan dukungan teknis yang memadai.

Kehadiran Kasi Penmad, Emi Ratna Aprilyani, disambut oleh jajaran panitia MAN 2/MANPK Padang Panjang. Dalam pengecekan yang dilakukan, Emi menyampaikan apresiasi atas kelancaran pelaksanaan TKA hari kedua yang berjalan tertib, lancar, dan memenuhi standar. Ia menegaskan bahwa kehadiran peserta yang mencapai 100% menunjukkan keseriusan madrasah dalam menyukseskan kegiatan evaluasi akademik tersebut.

“Alhamdulillah, pelaksanaan TKA di Kampus 2 MAN 2/MANPK Padang Panjang berjalan lancar. Kehadiran peserta 100% menjadi bukti bahwa panitia pelaksana sangat serius dalam menyukseskan kegiatan ini,” ujarnya.

Emi juga mengapresiasi kerapian dan kelengkapan administrasi yang disiapkan oleh panitia. Hampir seluruh dokumen administratif TKA telah tertata dengan baik di posko panitia, mendekati 100% sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Petunjuk Teknis (Juknis) TKA yang dikeluarkan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP).

Dalam pengecekan lapangan, tim menemukan bahwa dokumen penting seperti Juknis TKA 2025, pedoman penyelenggaraan, Daftar Nominasi Tetap (DNT), serta tata tertib pelaksanaan telah dijilid rapi. Hal ini memudahkan panitia maupun pengawas ruang dalam menjalankan tugas secara terstandar dan terarah.

“Kelengkapan administrasi ini sangat membantu kelancaran pelaksanaan TKA. Dengan dokumentasi yang tertib, panitia dapat menjalankan tugas dengan lebih efektif dan transparan,” jelas Emi.

Meskipun pelaksanaan TKA di MAN 2/MANPK Padang Panjang dinyatakan selesai pada hari ini, panitia masih memiliki sejumlah tugas lanjutan. Administrasi seperti daftar hadir dan berita acara harus segera diunggah ke laman TKA. Selain itu, laporan pelaksanaan TKA juga wajib disampaikan kepada Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang paling lambat satu bulan setelah kegiatan berakhir.

Kegiatan Monev berjalan kondusif dan penuh keterbukaan. Tim Penmad menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia yang telah bekerja profesional dan memenuhi standar pelaksanaan TKA. Hal ini menjadi bukti bahwa MAN 2 MAPK Padang Panjang tidak hanya berkomitmen dalam penyelenggaraan asesmen, tetapi juga menjaga integritas dan tata kelola administrasi yang baik.

Dengan terselenggaranya Monev ini, diharapkan pelaksanaan TKA ke depan dapat terus ditingkatkan, sehingga mampu memberikan gambaran objektif mengenai capaian akademik peserta didik serta menjadi pijakan penting dalam pengembangan mutu pendidikan madrasah.

________________________________________________________________________________
Jurnalis: kagucci   / Fotografer: nana     /Editor: kagucci       / Redaktur: Z
_______________________________________________________________________________

 

Identitas Madrasah

MAN 2 Kota Padang Panjang

NPSN 10263751
Jl. Pendidikan No. 1, Koto Baru, Kel. Bukit Surungan, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang
TELEPON 0752-498163
EMAIL info@man2pp.sch.id
WHATSAPP 6285259010852